5 Tips Jitu Untuk Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot

Tips Jitu Untuk Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot – Ponsel pintar atau yang lebih populer disebut dengan nama smartphone tampaknya memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Perangkat smartphone, terutama yang berbasis Android memang sangatlah populer dan telah digunakan oleh banyak orang dari seluruh dunia. Perangkat yang satu ini memang memiliki berbagai macam fungsi yang sangat beragam antara lain untuk melakukan komunikasi, menjelajah internet, menonton video, bahkan hingga untuk membantu kegiatan bisnis.

Smartphone berbasis Android saat ini telah dibekali dengan teknologi terkini yang canggih seperti misalnya prosesor multi core, RAM berkapasitas besar, kartu pengolah grafis yang mumpuni, dan sebagainya sehingga akan mampu menghasilkan performa yang handal. Namun setinggi apapun spesifikasi smartphone yang Anda miliki, ada suatu waktu di mana perangkat tersebut terasa lemot atau lambat kinerjanya yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Pada kesempatan ini akan kami berikan 5 tips jitu untuk mengatasi smartphone Android yang lemot.

5 Tips Jitu Untuk Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot

1. Perhatikan Kapasitas Memori

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa setiap smartphone Android tentunya dibekali dengan kapasitas memori yang berbeda-beda antara smartphhone yang satu dengan lainnya. Selain kapasitas RAM, ternyata kapasitas memori internal juga mempengaruhi kinerja smartphone. Apabila kapasitas ruang penyimpanan internal hanya tersisa sedikit, maka kinerja smartphone juga akan menjadi lambat.

2. Gunakan Aplikasi Serbaguna

Banyaknya aplikasi yang tersedia di Google Play Store membuat banyak pengguna Android tergoda ingin menginstal berbagai macam aplikasi. Daripada menginstal banyak aplikasi, lebih baik Anda menginstal satu aplikasi serbaguna dengan banyak fungsi. Salah satu aplikasi serbaguna yang bisa Anda gunakan adalah App2SD yang memungkinkan Anda untuk melakukan partisi SD Card, melakukan backup, dan berbagai fungsi lainnya.

3. Gunakan Satu Saja Aplikasi Antivirus

Antivirus merupakan salah satu aplikasi yang wajib ada pada sebuah smartphone karena aplikasi ini memiliki fungsi untuk mencegah dan juga membasmi berbagai virus yang ada di perangkat android. Ada sebagian orang yang menggunakan lebih dari satu aplikasi antivirus, padahal Anda cukup menggunakan satu saja antivirus karena aplikasi ini cukup memberatkan kinerja smartphone.

4. Auto Kill

Jika Anda sering melakukan multitasking, maka tentu saja Anda akan menemukan banyak aplikasi yang berjalan bersamaan di recent apps. Perlu Anda ketahui bahwa banyaknya aplikasi yang berjalan di recent apps akan memberatkan kinerja smartphone Android sehingga membuat kinerjanya menjadi lambat atau lemot, untuk mengatasinya maka Anda bisa menggunakan fitur auto kill.

5.Selalu Mengupdate Software

Jika Anda mendapatkan notifikasi update software, maka sebaiknya Anda segera melakukannya. Pasalnya update software akan bisa memperbaiki berbagai macam masalah yang dimiliki oleh versi sebelumnya. Dengan melakukan update software, maka Anda akan menjalankan software versi terbaru yang tentu saja telah mengalami perbaikan sehingga kinerjanya lebih cepat.

Apabila Anda mengalami masalah smartphone Android yang kinerjanya lambat, maka Anda bisa mengikuti kelima tips yang telah diulas di atas.

5 Tips Jitu Untuk Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot | Makka El Fatih Setiawan | 4.5