Cara Menggunakan Link2SD

Saat ini jika jumlah aplikasi di smartphone anda sangat banyak, maka anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sebuah aplikasi khusus bernama Link2SD. Aplikasi Link2SD ini adalah aplikasi yang “wajib punya” untuk gadget Android terutama bagi smartphone atau tablet dengan kapasitas memory internal yang kecil.

Semakin banyak aplikasi dan file yang ada di dalam smartphone android anda maka kinerja dari smartphone anda akan menurun akibat beban yang semakin besar. Memori yang penuh jelas efeknya akan membuat kinerja smartphone menurun drastis. Aplikasi Link2SD ini benar-benar akan bekerja dengan memindahkan sebagian data aplikasi tersebut ke External Memory.

Sementara itu aplikasi Link2SD ini akan membutuhkan sebuah partisi khusus pada SD card untuk dijadikan tempat penyimpanan dari data aplikasi yang seharusnya disimpan di internal memory perangkat. Beberapa hal yang harus anda persiapkan adalah smartphone yang sudah dalam kondisi di root, Micro SD yang sudah di partisi, dan aplikasi Link2SD sendiri.
Link2SD
1. Install aplikasi Link2SD dan buka aplikasi tersebut hingga berjalan dengan normal tanpa masalah. Apabilan muncul notifikasi pop up akses root atau SuperUser maka anda tinggal pilih Allow.

Advertisement

2. Kemudian pastikan sekali lagi jika MicroSD anda sudah dipartisi dan gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32). Pastikan settingan sesuai, yakni jika partisi kedua dengan ekstensi ext2, maka anda juga harus memilih ext2 pada Link2SD.

Advertisement

3. Beberapa saat kemudian anda akan diminta untuk merestart smartphone. Jika sudah selesai restart buka aplikasi Link2SD dan jika terjadi error mount script pada langkah ini, silahkan ulangi proses partisi dengan menggunakan file system yang berbeda (jika sebelumnya anda menggunakan file system ext2, silahkan ulangi partisi dengan menggunakan file sistem ext3 atau yang lainnya pada partisi kedua.

4. Jika sudah berhasil pilih aplikasi mana yang akan pindah.

5. Jika sudah dipilih maka tinggal klik Link to SD card. Tunggu hingga muncul notifikasi konfirmasi dan tunggu hingga proses selesai. Tentu saja jika berhasil maka Memory internal akan lebih lega karena sebagian data aplikasi yang anda pilih tadi telah dipindahkan ke SD card partisi kedua.

Kata Kunci Untuk Halaman Ini:

cara pakai link2sd bagaimana cara balikin aplikasi yg dihapus link2sd bekukan di link2sd aborted cara gunakan link2sd cara mengembalikan data hilang pake Ling2sd cara mengembalikan data yang dihapus link 2 sd mengapa link2SD aborted dibekukan Mengembalikan app via link2sd 
Cara Menggunakan Link2SD | Agus Wahyudi | 4.5