Penyebab Laptop Lemot Atau Lelet

Cara Mengatasi Laptop Lemot Atau Lelet – Tidak sedikit bagi pengguna laptop baru ataupun lama yang mengalami lemot ataupun lelet, tentunya menjadi hal yang sangat mengganggu ketika akan memulai pekerjaan ataupun hanya sekedar maen game atau browsing. Mungkin sebagian orang beranggapan penyebabnya dikarenakan spesifikasi yang sudah usang dan tidak lagi kompatibel dengan aplikasinya. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi penyebab laptop lemot, yang akan kita bahas dibawah ini.

  • Malware / Virus

Penyebab laptop menjadi lemot atau lelet yang pertama yaitu terserangnya laptop oleh virus atau malwara. Terserangnya Laptop oleh virus bisa mengakibatkan laptop menjadi lelet atau lemot, cara mengatasinya bisa menggunakan anti virus yang bisa anda download free di mbah google ataupun membeli anti virus premium.

Penyebab Laptop Lemot Atau Lelet

  • Space (Full)

Space atau ruang pada laptop merupakan hal yang penting. Karena apabila space full atau penuh maka akan menyebabkan laptop anda lemot. Dan bisa menambah lemot atau lelet lagi ketika anda hendak membuka aplikasi yang berat yang akan memerlukan ruang atau space yang besar, seperti game berat seperti pes ataupun editing. Cara mengatasinya dengan cara menghapus file yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Advertisement
Advertisement
  • Fragmentasi

Pada poin ini yakni tentang Fragmentasi, apabila laptop anda mengalami peristiwa ini maka laptop anda akan mengalami lemot yang sangat-sangat lemot karena Fragmentasi biasanya 10 kali lebih lambat dari biasanya. Karena Fragmentasi ini menyerang pada bagian disk. Cara mengatasinya bisa anda lakukan Defragmenter pada laptop anda. Untuk windows xp silahkan lakukan defragmenter secara manual.

  • Cache (Browser)

Pada poin ini bisa dikatakan pengguna tidak sadar akan apa yang dilakukan akan mengakibatkan laptop lemot maka dari itu pengguna sering melakukan aktifitas browsing di internet dan meninggalkan historyi tanpa menghapusnya, karena histori bisa membuat laptop anda lelet / lemot. Cara mengatasinya dengan cara menghapusnya secara manual pada browser anda.

  • Startup

Mungkin bagi sebagian orang menganggap startup ini hanya menampilkan icon pada bagian pojok kanan bawah doang, tetapi persepsi itu salah, karena startup ini menjalankan otomatis ketika laptop baru menyala, maka dampaknya laptop akan lemot atau lelet. Alternatifnya yaitu dengan cara menonaktifkan startup pada aplikasi yang ingin anda hapus dari startup.

  • Update System (OS)

Bagi pengguna OS Windows 7 atau kebawahnya, sering mengalami update windowsnya setiap satu minggu sekali, tetapi bagi sebagian orang beranggapan bahwa os update tidak menyebabkan laptop lemot. bisa dibilang begitu, tetapi jangan salah ketika hendak instalsi patch yang habis di download tersebut bisa saja mengalani kegagalan ataupun tidak ada ruang kosong pada hard drive yang akan mengakibatkan laptop anda lemot ataupun lelet.

Demikian ulasan mengenai Penyebab Laptop Lemot Atau Lelet, semoga bermanfaat dan bisa membantu. technolifes.com

Penyebab Laptop Lemot Atau Lelet | Tommy Ardianto | 4.5