Bola Voli Mini, Aturan, Tujuan dan Cara Bermain

Apakah Anda tahu bahwa ada olahraga voli versi mini atau bola voli mini? Jika Anda bukan pecinta voli bisa jadi baru tahu. Kenapa disebut dengan bola voli mini ya? Apakah jumlah pemain bola voli mini ini lebih sedikit? Apakah ukuran bolanya lebih mini? Anda bisa mendapatkan informasi yang sumbernya dari desabola tentang bola voli mini pada artikel ini.

Bola Voli Mini, Perbedaan dengan Voli Biasa?

Bola voli mini adalah sebuah permainan voli yang khusus diciptakan untuk anak-anak. Dibandingkan voli biasa, voli mini dibuat seringan mungkin agar minim cidera. Usia anak-anak yang bermain ini dari 9 sampai 13 tahun.

Meski berbeda tapi voli mini juga olahraga yang diakui oleh asosiasi bola voli dunia atau FIVB. Asosiasi tersebut yang mendorong terciptanya voli versi mini ini. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen bagi perkembangan bibit-bitbit muda dalam dunia olahraga voli. Olahraga ini juga dibuat sebagai sarana meningkatkan anak-anak usia sekolah pada voli.

Banyak anak-anak yang kurang suka dengan voli karena tidak seperti sepakbola yang lebih simple, untuk voli kegiatan fisiknya besar. Alasan lainnya adalah untuk menjadi jawaban akan pertanyaan mengenai voli yang bisa dengan mudah diakses anak-anak.

Aturan Bermain Voli Mini

Untuk aturan olahraga ini, aturannya fleksibel. Masing-masing dari federasi bisa membuat aturan yang sesuka hatinya. Sementara bagi aturan umumnya bisa menyesuaikan besar kecilnya perkembangan voli pada negara yang menyelenggarakannya.

Untuk jumlah pemainnya, bisa antara 2 sampai dengan 4 pemain saja. Lebih sedikit dibandingkan jumlah pemain biasanya. Lalu untuk ukuran lapangannya memiliki panjang dari 9 sampai dengan 12 meter, lebarnya 4,5 sampai dengan 6 meter, dan jaringnya berukuran 1,9 sampai dengan 2 meter.

Tujuan dari voli mini yaitu untuk mengirim bola agar bisa melewati net menuju lapangan lawannya. Sekaligus untuk mencegah aksi yang dilakukan oleh pemain lawan. Di awal permainan akan dimulai servis, tim lawan dari yang melakukan mendapatkan bolanya berhak mempunyai tiga sentuhan dalam membahasnya. Untuk tim yang menang dalam reli bisa mendapatkan satu buah poin juga hak dalam melakukan servis.

Salah satu tim dinyatakan menang satu set jika sudah mendapatkan poin tertentu, biasanya dari poin 15 sampai dengan 25. Jika yang dimenangkan 2 set maka tim tersebut telah memenangan dua set.

Lalu perbedaan lainnya adalah mengenai ukuran bolanya. Bola yang digunakan dalam permainan ini lebih ringan dari bola voli resmi. Namun untuk diameternya bisa sama maupun lebih besar. Bola yang dibuat mempunyai 18 buah panel dari kulit sintetis dengan kombinasi warna atau warna yang cerah.

Kemudian bolanya mempunyai lingkaran 65 sampai 68 cm dan berat sampai dengan 220 gram.

Dibandingkan voli biasa, voli mini memiliki beberapa kelebihan. Antara lain, tekniknya disederhanakan, bisa disesuaikan dengan fasilitas suatu tempat, dan lain sebagainya.

Bola Voli Mini, Aturan, Tujuan dan Cara Bermain | Khisma | 4.5